Jelang Natal & Tahun Baru, Pengamanan Seluruh Penjara di Jawa Timur Diperketat

Jumat, 02 Desember 2022 – 13:32 WIB
Jelang Natal & Tahun Baru, Pengamanan Seluruh Penjara di Jawa Timur Diperketat - JPNN.com Jatim
Lapas Kelas II A Kediri, Jawa Timur. ANTARA/ Asmaul

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamanan di 39 lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di Jawa Timur diperketat menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Hal tersebut ditegaskan oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) Jawa Timur Agung Krisna, Kamis (1/12).

"Eskalasi keamanan di lapas dan rutan jelang Natal dan Tahun Baru pasti meningkat," ujarnya.

Menurut Agung, peningkatan eskalasi keamanan itu pun harus diimbangi dengan pengawasan yang lebih optimal.

Salah satu strategi yang diterapkan oalah membentuk tim pengawas khusus.

"Kami akan membentuk tim khusus yang nantinya akan melakukan monitoring setiap saat ke lapas dan rutan," tuturnya.

Agung juga menyampaikan atensi kepada aparat pelayanan publik di lapas dan rutan dalam memberikan pelayanan remisi Natal dengan baik dan sesuai aturan yang ada.

"Kami pastikan seluruh proses pelayanan pemberian remisi Natal gratis dan tanpa diskriminasi," ucapnya.

Tidak itu saja, dari keimigrasian, Agung menyoroti pelayanan kepada wisatawan, terutama yang menjaga pintu gerbang negara melalui perlintasan Imigrasi.

"Kami akan memastikan pelayanan publik, khususnya pemeriksaan maupun penerbitan paspor untuk wisatawan domestik dan internasional berjalan baik," katanya.

Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang menjadi perhatian pusat karena terdapat bandara internasional dan destinasi wisata yang jadi rujukan wisatawan mancanegara.

"Kami akan lihat sepekan ke depan. Kalau memang dibutuhkan penambahan petugas Imigrasi di Bandara Juanda, bisa kami 'back up' dari Kantor Imigrasi lain atau kantor wilayah," ujarnya.(antara/faz/jpnn)

Salah satu strategi peningkatan pengamanan yang diterapkan di lapas dan rutan se-Jatim, yakni membentuk tim pengawas khusus.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News