Perkenalkan Wahana Baru TNBTS, Wisata Minat Khusus Flora dan Fauna

Senin, 28 Maret 2022 – 12:35 WIB
Perkenalkan Wahana Baru TNBTS, Wisata Minat Khusus Flora dan Fauna - JPNN.com Jatim
Elang Jawa yang dilepasliarkan di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada Rabu (18/8/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Manajemen Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) merilis wisata minat khusus flora dan fauna pada Sabtu (26/3) lalu..

Plt. Kepala Balai Besar TNBTS Novita Kusuma Wardani mengungkapkan wahana baru itu dinamakan “Avichidtourism Ranu Lingga Rekisi”.

Wahana tersebut berada di Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Wilayah Ranu Darungan Seksi PTN IV Pronojiwo Bidang PTN II Lumajang.

“Selain sebagai lokasi displai anggrek-anggrek native TNBTS, wisata itu sarana pendidikan dan penelitian serta sumber benih untuk upaya reintroduksi," katanya, Sabtu (26/3).

Dia menerangkan pengembangan wisata minat khusus selain sebagai alternatif pengembangan wisata, juga sebagai upaya pemberdayaan masyarakat serta untuk memperluas spektrum atraksi wisata edukasi keanekaragaman hayati TNBTS.

"Adanya wisata minat khusus ini, diharapkan pengunjung TNBTS tidak hanya terkonsentrasi pada wisata massal yang ada di kawasan Bromo dan sekitarnya," ucapnya.

Menurutnya, kehadiran wisata minat khusus tersebut sangat direkomendasi bagi kalangan media dan fotografi yang ingin mendokumentasikannya.

Novita juga menjelaskan pada 2020, pihaknya berhasil mengidentifikasi temuan penting jenis anggrek 'Dendrobium Pensile' yang sebelumnya hanya ditemui di Pulau Kalimantan.

TNBTS baru saja membuka destinasi wisata minat khusus flora dan fauna. Begini selengkapnya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News