TNBTS Ungkap Rekaman Video Satwa Liar di Curah Kobokan Berciri Macan Kumbang

Minggu, 06 Februari 2022 – 09:26 WIB
TNBTS Ungkap Rekaman Video Satwa Liar di Curah Kobokan Berciri Macan Kumbang - JPNN.com Jatim
Diduga macan kumbang sedang cari makan di perkampungan lereng Gunung Semeru. Foto: Screenshot CCTV EWS Lahar Gunung Semeru

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menduga bahwa hewan liar yang terekam kamera pengawas EWS pada 27 Januari yang lalu adalah macan kumbang (panthera pardus melas).

Dugaan tersebut disampaikan sebagaimana hasil dari identifikasi awal yang dilakukan oleh tim pengendali ekosistem hutan saat melihat ciri-ciri  hewan yang terekam kamera CCTV EWS.

"Dugaan awal memang benar yang ada dalam video tersebut memang macan kumbang," kata Humas TNBTS, Sarif Hidayat, Sabtu (5/2).

Dia memerinci petugas menyampaikan klaim tersebut setelah memperhatikan ciri-ciri warna bulu satwa tersebut yang dominasi warna hitam.

"Selain itu, ketika berjalan, posisi punggung hewan tersebut lebih tinggi dari bagian depan," tuturnya. Adapun, ekor relatif lebih panjang dan menjulang ke atas. 

Namun demikian, pihaknya masih perlu melakukan identifikasi lebih mendalam dan akan memasang kamera trap di beberapa hari ke depan.

"Hal itu untuk memastikan bahwa satwa tersebut adalah jenis macan tutul atau macan kumbang," ucapnya. (mcr26/jpnn)

TNBTS mengungkap bahwa video kamera CCTV EWS merekam ciri-ciri persis macan kumbang.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ridho Abdullah Akbar

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News