Partisipasi Pemungutan Suara Ulang di 10 TPS Surabaya Hanya 50 Persen

Sabtu, 24 Februari 2024 – 19:47 WIB
Partisipasi Pemungutan Suara Ulang di 10 TPS Surabaya Hanya 50 Persen - JPNN.com Jatim
Seorang pemilih pemula tampak sumringah setalah mendapatkan "doorprize" sebungkus mie instan usai mengikuti pemungutan suara ulang (PSU) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di tempat pemungutan suara (TPS) 12 Kelurahan Banjarsugihan, Kecamatan Tandes, Surabaya, Sabtu (24/2). ANTARA/Hanif Nashrullah

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Partisipasi pemilih dalam pemungutan suara ulang (PSU) Pemilu 2024 di sepuluh TPS wilayah Surabaya mencapai 50 persen lebih. 

Ketua Bawaslu Surabaya Novli Bernardo Thyssen memastikan pelaksanaan PSU di Kota Pahlawan berlangsung aman dan kondusif.

“Kami mengapresiasi tingkat partisipasi masyarakat yang datang ke TPS cukup bagus,” kata Novli ditemui di salah satu TPS kawasan Tandes.

Menurutnya, pelaksanaan PSU di Surabaya merupakan yang terbanyak. KPU Jatim menetapkan PSU di 27 TPS yang tersebar di sembilan daerah kabupaten/kota.

Selain di Surabaya, PSU juga digelar di Kota Malang, Probolinggo, dan Madiun. Selain itu, di Kabupaten Bangkalan, Sampang, Sumenep, Jombang, dan Trenggalek.

PSU di wilayah Jatim tersebut digelar karena saat penyelenggaraan Pemilu tanggal 14 Februari lalu ditemukan sejumlah kasus. 

Di antaranya ditemukan pemilih yang ikut mencoblos di TPS, tetapi tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), daftar pemilih tambahan (DPTb),  maupun daftar pemilih khusus (DPK). 

Selain itu, disebabkan surat suara di TPS yang berisi daftar calon legislatif dari daerah pemilihan (Dapil) lainnya.

Partisipasi pemilih di Surabaya saat pemungutan suara ulang mencapai 50 persen lebih.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News