Bawaslu Ponorogo Temukan Ratusan Pelanggaran APK di Jalan Hingga Tempat Ibadah

Senin, 18 Desember 2023 – 13:28 WIB
Bawaslu Ponorogo Temukan Ratusan Pelanggaran APK di Jalan Hingga Tempat Ibadah - JPNN.com Jatim
Pengendara melintas di depan alat peraga kampanye yang banyak dipasang di tepi jalan Kota Ponorogo, Minggu (17/12) ANTARA/HO-Ist

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Sebanyak 659 pelanggaran terkait pemasangan alat peraga kampanye (APK) di tempat yang tidak semestinya di Kabupaten Ponorogo.

Koordinator Divisi Penanganan, Pelanggaran, dan Data Informasi Bawaslu Ponorogo Sulung Muna Rimbawan mengatakan pelanggaran APK tersebar merata di hampir semua kecamatan.

Menurutnya, pelanggaran APK itu tersebar merata di hampir semua kecamatan. Kasus terbanyak adalah pemasangan APK dengan cara dipaku di batang pohon di tepi jalan.

Adapun kasus lainnya yang tak kalah banyak adalah pemasangan APK di tiang listrik atau jaringan telkom, pagar sekolah, hingga tempat ibadah.

"Kalau sesuai aturan jelas tidak boleh memasang APK di tempat yang telah ditentukan sebagaimana diatur dalam PKPU," kata Suling, Minggu (17/12).

Jumlah pelanggaran yang tercatat hingga 16 Desember sebanyak 659 kasus. Angka itu diperkirakan akan bertambah, mengingat jadwal kampanye masih panjang, dan pengawasan terus dilakukan melibatkan seluruh jaringan panwas di tingkat kecamatan.

Untuk itu, pihaknya akan terus mendata dan menginventarisir pelanggaran demi pelanggaran yang ditemukan Tim Bawaslu ataupun berdasarkan laporan/aduan masyarakat.

Selanjutnya, Bawaslu juga proaktif mengirimkan saran perbaikan ke partai politik maupun calon legislatif (caleg) yang terdata melanggar untuk dilakukan penertiban atau dipindahkan.

Sebanyak 659 pelanggaran APK ditemukan di Ponorogo, hampir semua kecamatan dari jalanan hingg tempat ibadah.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News