Bawaslu Jember Tak Temukan Bukti Hendy Siswanto Berkampanye di Tempat Ibadah

Selasa, 22 Oktober 2024 – 09:34 WIB
Bawaslu Jember Tak Temukan Bukti Hendy Siswanto Berkampanye di Tempat Ibadah - JPNN.com Jatim
Komisioner Bawaslu Jember Devi Aulia Rahim di Kantor Bawaslu setempat (ANTARA/HO-Bawaslu Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Komisioner Bawaslu Jember Devi Aulia Rahim mengatakan calon bupati nomor urut 1 Hendy Siswanto tak terbukti melakukan kampanye di tempat ibadah atau masjid.

"Setelah menerima laporan terkait dugaan pelanggaran kampanye cabup petahana di tempat ibadah, kami telah melakukan klarifikasi, kajian, dan pendalaman sesuai aturan," ujar Devi, Senin (21/10).

Menurutnya, tidak ada bukti yang cukup menguatkan cabup petahana itu melakukan kampanye di masjid saat salat subuh sesuai laporan tim pasangan cabup-cawabup nomor urut 2.

"Kami sudah melakukan prosedur penanganan pelanggaran sesuai peraturan Bawaslu dan juga sudah dibahas di Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) karena pengaduan itu masuk ke sana," kata dia.

Devi menjelaskan lewat pembahasan kedua dalam rapat Sentra Gakkumdu tersebut menyebutkan bahwa kegiatan yang dilakukan cabup petahana itu memenuhi adanya unsur kampanyenya dan juga tidak terpenuhi unsur pidananya.

"Pihak Bawaslu, kepolisian, dan kejaksaan telah melakukan pembahasan dua kali yang hasilnya tetap sama-sama mengerucut tidak ada yang dilanggar dalam kegiatan salat subuh berjamaah yang dilakukan Hendy Siswanto," katanya.

Sebelumnya, tim pasangan cabup-cawabup nomor urut 2, M. Fawait-Djoko Susanto melaporkan Hendy Siswanto ke Bawaslu Jember atas dugaan pelanggaran kampanye saat shalat subuh berjamaah di Masjid Baiturrahman, Perum Taman Gading Jember.

Pihak Bawaslu Jember sudah menerima sembilan laporan dugaan pelanggaran selama masa kampanye pilkada dan semua laporan sudah ditindaklanjuti dengan rincian enam laporan sudah selesai diproses dan tiga laporan masih dalam proses.

Hendy Siswanto dinyatakan tak terbukti melakukan kampanye di tempat ibadah saat salat subuh di di Masjid Baiturrahman, Perum Taman Gading Jember.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News