Urus Paspor, 5 Orang Justru Ditahan Imigrasi Ponorogo, Ternyata

Rabu, 05 Juli 2023 – 23:11 WIB
Urus Paspor, 5 Orang Justru Ditahan Imigrasi Ponorogo, Ternyata - JPNN.com Jatim
Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Hendro Tri Prasetyo (tengah) bersama Kepala Kantor Imigrasi Ponorogo Yanto (kiri) dan Kapolres Ponorogo AKBP Wimboko (kanan). Foto: Humas Kemenkumham Jato

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Sebanyak lima orang diamankan oleh Kantor Imigrasi Ponorogo. Diduga mereka terlibat sindikat perdagangan ginjal internasional.

Mereka ialah MM warga asal Sidoarjo, SH warga Tangerang Selatan, WI warga Bogor, AT warga Jakarta dan IS warga Mojokerto.

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Hendro Tri Prasetyo menceritakan penangkapan lima orang tersebut bermula saat MM dan SH melakukan pengurusan penerbitan dokumen perjalan atau paspor sekitar pukul 09.30, Rabu (5/7).

Saat tahapan wawancara kepada MM dan SH, keduanya keduanya mengaku membutuhkan paspor untuk liburan ke Malaysia.

Namun, keduanya menunjukkan gelagat yang mencurigakan, mereka juga tidak memberikan keterangan yang meyakinkan petugas dan juga tidak bisa menunjukan berkas-berkas yang diminta petugas.

Tak berhenti sampai disitu, MM dan SH kembali mengurus paspor pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIN. Keduanya kembali lagi ke Kantor Imigrasi Ponorogo dengan harapan petugas lengah.

“Dalam proses wawancara, petugas kami menyatakan ada indikasi keduanya menjadi pekerja migran non prosedural,” terang Hendro.

Setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut, ternyata MM dan SH mengaku akan mendonorkan ginjal ke Kamboja. Keduanya, diantarkan oleh tiga orang penyalur yang menunggu di sekitar Kantor Imigrasi Ponorogo.

Diduga terlibat sindikat perdagangan ginjal internasional, lima orang diamankan Imigrasi Ponorogo saat urus paspor
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News