Tinjau TPS di Terminal Bungurasih, BHS Temukan Minimnya Anggaran Pengelolaan Sampah

Rabu, 28 Februari 2024 – 18:30 WIB
Tinjau TPS di Terminal Bungurasih, BHS Temukan Minimnya Anggaran Pengelolaan Sampah - JPNN.com Jatim
BHS (kanan) saat berbincang dengan para pengelola sampah di TPS Terminal Bungurasih, Sidoarjo, Rabu (28/2). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Caleg DPR RI Bambang Haryo Soekartono (BHS) berkunjung ke tempat pembuangan sampah (TPS) di belakang Terminal Purabaya Bungurasih, Sidoarjo, Rabu (28/2).

Dia berkunjung ke TPS tersebut setelah viralnya gunungan sampah yang menumpuk selama dua bulan dan menimbulkan bau menyengat.

Sampah tersebut rupanya buangan dari terminal dan warga sekitar. Namun, kondisinya saat ini sudah normal.

Sebanyak 200 ton sampah sudah dibersihkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sidoarjo.

“Tumpukan sampah terjadi karena tenaga dan anggaran yang masih sedikit, termasuk juga permasalahan angkutan yang masih kurang,” kata BHS.

Pemerintah setempat yang mengelolanya, kata BHS harus memberikan perhatian serius agar permasalahan tersebut bisa teratasi.

Dalam sehari, pengangkutan sampah hanya bisa dilakukan sekali karena ternatasanga anggaran.

“Anggarannya dari Pemkab Sidoarjo cuma Rp108 miliar, sedangkan di kota-kota lain lebih besar, seperti Surabaya Rp500 miliar,” ujarnya.

BHS menemukan minimnya anggaran pengelolaan sampah di TPS Terminal Bungurasih yang menjadi penyebab sampah menggunung beberapa waktu lalu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News