Bocoran Masalah Internal NU yang Jadi Penyebab Ketua PWNU Jatim Diberhentikan

Jumat, 29 Desember 2023 – 15:01 WIB
Bocoran Masalah Internal NU yang Jadi Penyebab Ketua PWNU Jatim Diberhentikan - JPNN.com Jatim
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membeberkan penyebab Ketua PWNU Jatim K.H Marzuki Mustamar diberhentikan . Foto: M Fathra/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sekjen PBNU Saifullah Yusuf menyatakan alasan pemberhentian Ketua PWNU Jatim K.H Marzuki Mustamar tidak ada hubungannya dengan beda pilihan capres pada Pemilu 2024.

"Pemberhentian disebabkan sejumlah masalah internal NU yang tidak terkendali. Tidak ada hubungannya sama sekali dengan masalah politik," ujarnya, Kamis (28/12) malam.

Dia blak-blakan mengungkap salah satu masalah internal NU yang dimaksud ialah masalah di Pengurus Cabang NU Kabupaten Jombang yang tak kunjung tuntas. Jadi, Kiai Marzuki dinilai tidak mampu menyelesaikan masalah tersebut.

"Di Pengurus Cabang NU Jombang itu penyelesaiannya berlarut-larut sampai ke pengadilan karena PWNU tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Kami melihat tanggung jawab yang kurang dari PWNU Jatim," katanya.

Gus Ipul, sapaannya, menyampaikan ada beberapa masalah internal lainnya yang dinilai tidak bisa diselesaikan oleh PWNU Jatim.

Menurutnya, pemberhentian atau penggantian pengurus demi penegakan aturan dalam sebuah organisasi merupakan hal yang biasa sehingga tidak perlu dibesar-besarkan.

"Kami tetap menghargai dan menghormat semua pengabdian yang telah diberikan KH Marzuki Mustamar selama menjabat Ketua PWNU Jatim. Penggantinya nanti akan melalui rapat pleno Syuriah dan Tanfidyah PWNU Jatim," ujarnya.

PBNU memberi waktu terhadap Syuriah dan Tanfidyah PWNU Jatim untuk menggelar pleno menetapkan pengganti KH Marzuki Mustamar selama dua minggu.

"Kalau selama dua minggu tidak dilaksanakan, penetapan pengganti K.H Marzuki Mustamar sebagai Ketua PWNU Jatim akan diambil alih oleh PBNU," ucapnya.

KH Marzuki Mustamar tercatat sebagai Ketua PWNU Jatim kedua yang diberhentikan sebelum masa khidmatnya berakhir.

Sebelumnya Ali Maschan Moesa juga pernah diberhentikan sebelum periodenya berakhir saat menjabat sebagai Ketua PWNU Jatim pada 2008. (antara/faz/jpnn)

Ada sejumlah masalah internal yang menjadi alasan pemberhentian Ketua PWNU Jatim K.H Marzuki Mustamar sebelum masa khidmatnya berakhir.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News