PWNU Jatim Adakan Pembacaan 1 Miliar Salawat Nariyah di Hari Santri Nasional 2023

Kamis, 19 Oktober 2023 – 11:36 WIB
PWNU Jatim Adakan Pembacaan 1 Miliar Salawat Nariyah di Hari Santri Nasional 2023 - JPNN.com Jatim
Tim Renovasi atau Revitalisasi berada di eks gedung Markas Besar Oelama (MBO) Waru, Sidoarjo yang menjadi tempat pelaksanaan "Pembacaan 1 Miliar Shalawat Nariyah" dalam rangkaian Hari Santri 2023 pada Sabtu (21/10) malam. ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - PWNU Jawa Timur mengadakan Pembacaan 1 Miliar Salawat Nariyah dalam rangkaian Hari Santri Nasional 2023 pada Sabtu (21/10) malam. 

Acara tersebut akan berlangsung di eks gedung Markas Besar Oelama (MBO) Waru, Sidoarjo dan Masjid Al Akbar Surabaya (MAS).

Ketua Tim Pengarah Revitalisasi MBO HM Sholeh Hayat mengatakan pembacaan satu miliar salawat nariyah merupakan instruksi PBNU kepada PWNU, PCNU, dan MWC NU.

“Kalau PWNU lain mengadakan acara itu di kantor maka PWNU Jatim mengadakan di MBO dan MAS," kata Sholeh, Rabu (18/10).

PWNU Jatim menempatkan lokasi acara di eks gedung MBO yang bersejarah lantaran punya kaitan dengan sejarah perjuangan kaum santri membela kemerdekaan yang dikenal dengan Pertempuran 10 November 1945.

"Peristiwa 10 November 1945 itu ada kaitannya dengan peran kaum santri yang bukan hanya di garda depan Surabaya, tetapi berangkat dari markas-markas perjuangan para ulama di daerah-daerah perbatasan, seperti di Waru, Sidoarjo," ujarnya

Dalam sejarahnya, MBO merupakan markas perjuangan para ulama, seperti KH Hasyim Asy'ari, KH Wahab Chasbullah, KH Bisri Syansuri dalam menggembleng spiritualitas santri agar punya semangat juang.

Hal itu dibuktikan dengan kemenangan Arek-Arek Suroboyo dan pemuda daerah lainnya membela kemerdekaan yang diproklamasikan Soekarno-Hatta, apalagi ada Resolusi Jihad.

PWNU Jatim mengadakan pembacaan satu miliar salawat nariyah memperingati Hari Santri Nasional 2023 di dua lokasi berikut
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News