Pemprov Jatim Dorong P3JI Buat Inovasi Tingkatkan Keselamatan Pengguna Jalan

Rabu, 18 Oktober 2023 – 17:22 WIB
Pemprov Jatim Dorong P3JI Buat Inovasi Tingkatkan Keselamatan Pengguna Jalan - JPNN.com Jatim
Musyawarah Daerah I P3JI Jatim di Surabaya. Foto: Dok. P3JI Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perkumpulan Perusahaan Perlengkapan Jalan Indonesia (P3JI) Jatim menggelar musyawarah daerah (Musda) di Surabaya, Selasa (17/10).

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Provinsi Jatim Farid Susanto menyebut jumlah anggaran pemerintah provinsi untuk pengadaan peralatan fasilitas jalan raya sangat minim.

Maka dari itu, pihaknya mendorong pengusaha untuk membuat inovasi demi menjamin keselamatan pengguna jalan raya.

“Inovasi harus dilakukan agar efektifitas perlengkapan jalan maksimal. Kita bisa mencontoh produk luar dan buat di sini karena dalam dunia inovasi ada yang namanya metode amati tiru dan modifikasi,” ujar Farid dalam sambutannya.

Hal itu harus dilakukan, mengingat terbatasnya anggaran sehingga harga bisa dijangkau, apalagi 2024 butuh perhatian sehingga keselamatan tidak bisa ditawar.

“Misalnya, gubernur ingin menertibkan over dimension/overloading (odol) yang masih ditemui di jalan raya. Paling tidak ini bisa ditangkap P3JI apa kira-kira yang bisa diaplikasikan,” katanya.

Ketua P3JI Jatim periode 2023-2028 Mega Hendra menyatakan siap bersinergi dengan pemprov Jatim guna meningkatkan tingkat keselamatan pengguna jalan.

“Inovasi sebenarnya sudah mulai dilakukan, tetapi kami sebagai pengusaha dengan dinas terkait saling tunggu dan kadang karena minimnya anggaran, pilihan akhir menggunakan yang sudah ada,” kata Mega.

Pemprov Jatim meminta P3JI membuat inovasi peralatan untuk meningkatkan keselamatan pengguna jalan, mengingat anggaran pemerintah sangat minim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News