Betonisasi Jalan Desa Tulangan-Durungbedug Sidoarjo Capai 36 Persen

Selasa, 17 Oktober 2023 – 17:17 WIB
Betonisasi Jalan Desa Tulangan-Durungbedug Sidoarjo Capai 36 Persen - JPNN.com Jatim
Proyek betonisasi yang ada di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. ANTARA/HO-Pemkab Sidoarjo

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo kebut pengerjaan betonisasi di ruas jalan Desa Tulangan-Durungbedug (Kecamatan Candi).

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali mengungkapkan pengerjaan proyek betonisasi yang panjangnya 1.450 meter dengan lebar 4 meter itu sudah mencapai 36 persen.

"Akhir 2023, betonisasi Tulangan-Durungbedug dan beberapa titik ruas jalan desa lainnya harus rampung agar akses masyarakat dan peningkatan ekonomi antarwilayah segera pulih," tuturnya tertulis, Selasa (17/10).

Dia mengatakan betonisasi ruas jalan Desa Tulangan-Durungbedug mengalami surplus pengerjaan sebesar 2,5 persen dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan.

Sekarang, lanjut dia, pengerjaan sudah masuk tahap pemasangan lean concrete (LC) sebelum nantinya masuk pada tahap rigid pavement (perkerasan jalan beton).

"Saat ini, tahap LC sudah selesai mulai Desa Tulangan sampai Desa Medalem. Jika sudah benar-benar mengering, akan dilanjutkan rigid. Pengerjaan LC ini penting agar air semen tidak meresap ke dalam lapisan bawahnya," ucapnya.

Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Sidoarjo Dwi Eko Saptono menjelaskan proyek betonisasi itu menghubungkan empat desa, yaitu Tulangan, Medalem, Sudimoro (Kec. Tulangan), dan Desa Durungbedug (Kec. Candi).

"Kami berkomitmen untuk menyelesaikan proyek betonisasi sesuai jadwal dan perencanaannya," tuturnya.

Dwi Eko juga mengatakan pada tahapan LC, akses jalan akan ditutup total. Jadi, masyarakat atau warga sekitar bisa mencari alternatif jalan lainnya.

"Sementara kami tutup total. Hal itu untuk mendapatkan kualitas jalan yang bagus dan kuat sebelum masuk pada tahapan rigid," tuturnya. (antara/faz/jpnn)

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor menyampaikan pihaknya menargetkan betonisasi yang menghubungkan 4 desa itu tuntas akhir tahun ini.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News