Pakar IT Untag Surabaya Beber Pentingnya Etika Teknologi Siber, Simak!

Senin, 11 September 2023 – 09:34 WIB
Pakar IT Untag Surabaya Beber Pentingnya Etika Teknologi Siber, Simak! - JPNN.com Jatim
Kepala Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya Supangat M.Kom., ITIL., COBIT., CLA. Foto: Dok. Pribadi Supangat.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perkembangan teknologi siber yang sangat pesat memengaruhi banyak aspek kehidupan masyarakat. Etika teknologi siber pun penting untuk diterapkan dalam dunia siber.

Kepala Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya Supangat M.Kom., ITIL., COBIT., CLA mengatakan etika teknologi siber ini merupakan seperangkat nilai prinsip moral yang digunakan untuk mengatur tindakan perilaku dalam dunia siber.

"Mengapa etika teknologi sederhana itu penting untuk kita pelajari karena teknologi siber itu dapat memberikan manfaat yang besar bagi penggunanya. Namun, juga dapat membawa dampak negatif jika tidak diatur dengan baik," ujar Supangat, Senin (11/9).

Menurutnya, teknologi siber dalam aspek hukum sangat berdampak pada sistem hukum, seperti pada penggunaan bukti elektronik, jangan komunikasi yang aman dan perangkat lunak AI.

Namun, tindak kejahatan dalam teknologi server, seperti hacking dan pencurian identitas itu dapat menimbulkan kerugian besar bagi korban.

"Itu harus dihindari dengan menjaga keamanan data dan privasi karena jika tidak memahami etika teknologi dapat terjadi peretasan perangkat seperti kebocoran data pribadi," katanya.

Untuk mengatasi hal itu, Supangat menyarankan pengguna harus menerapkan manajemen sandi yang kuat dan penggunaan dua faktor autentikasi yang dapat membantu melindungi data pribadi.

"Selain itu perlu melindungi obrolan online. Aplikasi obrolan itu harus memiliki enkripsi akhir ke akhir untuk memastikan pesan tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga," tutur Pakar IT Untag Surabaya itu.

Pakar IT Untag Surabaya Supangat mengingatkan pentingnya etika teknologi dalam dunia siber, seperti ini.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News