Hacker Fest 2024, Cara Untag Surabaya Edukasi Masyarakat Soal Etika & Keamanan Siber

Sabtu, 20 Januari 2024 – 20:55 WIB
Hacker Fest 2024, Cara Untag Surabaya Edukasi Masyarakat Soal Etika & Keamanan Siber - JPNN.com Jatim
Hacker Fest 2024 membahas soal etika dan keamanan siber bagi para hacker. Foto: Dok. DSI YPTA.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Prodi Sistem dan Teknologi Informasi (Sistekin) Untag Surabaya menggelar ‘Hacker Fest 2024’ untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait etika dan keamanan siber, Sabtu (20/1).

Rektor Untag Surabaya Prof Dr Mulyanto Nugroho, M.M., CMA., CPA mengatakan di era perubahan digital saat ini masyarakat perlu diedukasi terkait ethical hacking  yang positif.

“Artinya, tidak semua hacker jelek, ada sisi positifnya. Kami mendidik para hacker agar mereka punya etika yang baik dan membuat psikologi lebih baik juga,” tutur Prof Nugroho.

Workshop tersebut dihadiri 220 peserta dari berbagai kalangan, termasuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum berasal dari seluruh Indonesia.

Adapun yang datang dari Surabaya, Bali, Banda Aceh, NTT, Bangkalan, Blitar, Gresik, Sidoarjo, Jember, Jombang, Kediri, Madiun, Malang, dan daerah-daerah lainnya.

“Hal tersebut, kata Prof Nugroho, sesuai dengan tema Digital For Unity, Unity For Nusantara,” katanya.

Pembina YPTA Surabaya Bambang DH menjelaskan terdapat tiga fenomena dunia yang tidak dapat dibendung negara mana pun, yaitu demokratisasi, lingkungan, dan digitalisasi.

Menurutnya, digitalisasi akan mempermudah pekerjaan manusia saat ini dan anak-anak muda yang punya kemampuan lebih di bidang itu harus didedikasikan untuk negara.

Untag Surabaya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait etika dan keamanan siber dalam Hacker Fest 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News