Mahasiswa Sistekin Untag Surabaya Ciptakan Peta Persebaran Gizi Buruk di Jatim

Selasa, 15 Agustus 2023 – 15:45 WIB
Mahasiswa Sistekin Untag Surabaya Ciptakan Peta Persebaran Gizi Buruk di Jatim - JPNN.com Jatim
Rizky Fajar Hidayat (kiri) bersama pembimbingnya Supangat saat mengoperasikan peta penyebaran gizi buruk di Jatim, Selasa (15/8). Foto: Arry Saputra/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Mahasiswa Prodi Teknik Informatika Fakultas Teknik Untag Surabaya Rizky Fajar Hidayat membuat peta penyebaran gizi buruk di wilayah Jatim.

Fajar menjelaskan inovasi itu bertujuan memperbaiki sistem pemetaan penyebaran gizi buruk yang dimiliki Dinas Kesehatan Jatim, di mana masih bersifat akumulatif yang hanya menampilkan angka dan data.

“Penelitian ini dilatarbelakangi sistem informasi gizi buruk milik Dinkes Jatim yang masih sekadar menampilkan angka-angka dan data yang sifatnya akumulatif,” kata Fajar, Selasa (15/8).

Dengan menggunakan algoritma K-means Clustering, detail mengenai kondisi potensi gizi buruk di Jatim akan dimunculkan secara kumulatif.

"Saya menciptakan sistem informasi pemetaan penyebaran gizi buruk di wilayah Jatim dengan penambahan bentuk visualisasi,” ujar mahasiswa bimbingan Supangat itu.

Platform yang dibuatnya memiliki keunggulan sistem informasi untuk menampilkan dalam bentuk visualisasi peta. 

Selain itu, bisa melihat detail penyebaran dan tingkat penyebaran di suatu daerah.

Dengan menggunakan algoritma K-means Clustering, sistem informasi gizi buruk bisa memungkinkan untuk menampilkan pengelompokan wilayah kasus penyebaran gizi buruk di Jatim.

Mahasiswa bernama Rizky Fajar Hidayat menciptakan peta persebaran gizi buruk di Jatim dengan berbagai klaster.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia