Mahasiswa UMSurabaya Buat Scalextric By Bike Untuk Terapi ABK

Kamis, 31 Agustus 2023 – 18:41 WIB
Mahasiswa UMSurabaya Buat Scalextric By Bike Untuk Terapi ABK - JPNN.com Jatim
Mahasiswa UMSurabaya saat mengoperasikan Scalextric By Bike, Kamis (31/8). Foto: Humas UMSurabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kelompok KKN mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UMSurabaya) menciptakan alat inovasi bernama Scalextric By Bike. 

Alat itu diciptakan untuk mengatasi solusi terapi fisik berteknologi sekaligus membantu meningkatkan motorik siswa, terutama siswa berkebutuhan khusus.

Wakil Ketua Kelompok KKN 33 Fatimatus Zahro mengatakan ide yang digagas bersama timnya dilatarbelakangi masalah di SMP Muhammadiyah 18 Surabaya.

Alat itu dikhususkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus (ABK), ketika sedang tantrum tindakannya mengganggu kegiatan belajar mengajar di kelas.

Mahasiswa UMSurabaya Buat Scalextric By Bike Untuk Terapi ABK

Mahasiswa UMSurabaya mengecek Scalextric By Bike sebelum dioperasikan di kampus setempat, Kamis (31/8). Foto: Humas UMSurabaya

“Dalam kasus tersebut anggotanya tidak hanya ABK saja. Alat ini dibuat untuk meredakan tantrum, melatih saraf motorik juga sarana olahraga untuk mereka,” kata Fatima, Kamis (31/8).

Setelah diuji coba, alat itu terbukti bisa mengalihkan stres, tantrum dari ABK agar energi mereka tersalurkan dengan mengayuh sepeda.

Mahasiswa UMSurabaya menciptakan inovasi bernama Scalextric By Bike untuk terapi ABK.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News