Inovasi Ternaknesia di Tengah Wabah PMK, Gelar Lelang Kurban dan Beli Online

Rabu, 29 Juni 2022 – 22:58 WIB
Inovasi Ternaknesia di Tengah Wabah PMK, Gelar Lelang Kurban dan Beli Online - JPNN.com Jatim
Manager Bisnis Hulu Ternaknesia, Wika Tedi Prayoga saat menunjukan E-commerce guna memudahkan pembeli untuk memilih hewan kurban. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Platform peternakan Ternaknesia mengadakan lelang dan kurban online dari kandang peternak. Langkah itu memudahkan pembeli tanpa harus datang ke kandang penjual ternak.

Manager Bisnis Hulu Ternaknesia Wika Tedi Prayoga mengatakan inovasi tersebut tak lepas dari dampak wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) yang mengakibatkan peternak bingung untuk bertransaksi.

"Kita ketahui bersama wabah PMK pada ternak saat ini telah menyebar di beberapa daerah Jawa Timur. Maka dari itu, pemerintah melakukan pembatasan mobilitas pada ternak," kata Wika di Kantor Ternaknesia, Surabaya, Rabu (29/6).

Ternaknesia juga mengenalkan program terbaru dari aplikasi mereka yang menyediakan fitur E-Commerce. Layanan itu menjadi wadah bagi peternak untuk bisa menjual hewan kurbannya.

"Kami menggunakan E-Commerce untuk menaikkan daya nilai dari harga ternak tersebut," ujarnya.

Untuk tahapan lelang hewan kurban, pihaknya terlebih dahulu melakukan penjadwalan.

Pembeli kemudian akan dimasukkan daftar dalam website. Peserta dikhususkan takmir, dinas setempat, dan instansi yang mendaftar. Setelah itu, baru dilakukan transaksi

"Kami juga tidak menutup kemungkinan untuk buka ke jalur umum. Pelelangan itu juga sebagai solusi dan tutupnya sejumlah pasar selama PMK," tuturnya.

Beli hewan kurban tak perlu ribet, cukup lewat E-commerce bisa pilih ternak yang sesuai dengan keinginan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News