Gubernur Khofifah Pastikan Hewan Kurban di Jatim Sehat, Stok Cukup dan Surplus

Sabtu, 18 Juni 2022 – 23:00 WIB
Gubernur Khofifah Pastikan Hewan Kurban di Jatim Sehat, Stok Cukup dan Surplus - JPNN.com Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi kandang sapi potong siap kurban di Dusun Wonokayun, Desa Wonokarang, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (17/6). Foto: Humas Pemprov Jatim.

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memastikan pengawalan distribusi vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) serta stok hewan kurban di wilayahnya dalam kondisi sehat.

Hal tersebut dilakukannya dengan mengunjungi kandang sapi potong siap kurban di Dusun Wonokayun, Desa Wonokarang, Kecamatan Balongbendo, Kabupaten Sidoarjo, Jumat (17/6).

Di kandang tersebut terdapat 80 ekor sapi potong yang dinyatakan sehat dan siap dijadikan kurban.

Menurutnya, kandang tersebut terjaga kebersihannya. Seluruh sapinya terpantau sehat dan aman untuk hewan kurban Hari Raya Iduladha 1443 Hijriah.

"Jadi, kekhawatiran penyakit PMK perlu ada konfirmasi bahwa ada kandang-kandang yang semua sapinya sehat dan bisa dimanfaatkan sebagai kurban, seperti yang ada di sini," ujar Khofifah.

Dia memastikan stok ternak di Jatim cukup dalam skala regional. Hal tersebut telah dibahas dan dipetakan dalam rakor terintegrasi bersama Forkopimda Jatim dan kabupaten/kota.

"Masing- masing kabupaten/kota dapat menyiapkan titik sentra pemasaran hewan kurban dengan tanda otoritas veteriner setempat yang membuktikan ternak tersebut sehat," katanya.

Misalnya, ada kabupaten/kota tertentu yang harus disuplai dari daerah lain, Mantan Mensos itu meminta adanya kontrol masing- masing otoritas veteriner.

Para bupati dan wali kota diharapkan segera finalkan titik sentra pasar hewan kurban sesuai SOP otoritas veteriner.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News