Berikut Ciri-ciri Hewan Ternak yang Terkena Penyakit PMK, Peternak Wajib Lakukan Ini

Kamis, 12 Mei 2022 – 12:05 WIB
Berikut Ciri-ciri Hewan Ternak yang Terkena Penyakit PMK, Peternak Wajib Lakukan Ini - JPNN.com Jatim
Tim kepolisian dan Dinas Peternakan ketika mengantisipasi mewabahnya penyakit PMK. Foto: Source Polres Malang for JPNN.com

jatim.jpnn.com, MALANG - Wabah penyakit mulut dan kuku sedang ramai diperbincangkan karena banyak kasus ditemukan di beberapa wilayah Jatim. Hal itu sangat berbahaya apabila bisa menular ke manusia.

Dokter Hewan Dinas Peternakan dan Kesehatan Kabupaten Malang drh Andri mengatakan penyakit PMK sejauh ini belum menular ke manusia. Virus tersebut menyerang hewan mamalia seperti sapi, kerbau, kambing, domba, kuda, dan babi.

Ciri-ciri hewan yang terserang penyakit tersebut suhu tubuhnya berada di 39 sampai 41 celsius. Kemudian, pada mulut dan lidahnya muncul luka seperti sariawan dan mengeluarkan lendir yang berlebih.

Selanjutnya, nafsu makan berkurang, terdapat luka pada kaki dan kuku yang lepas, susah berdiri, badan gemetar, napas cepat, dan produksi susu menurun.

Jika salah satu hewan ternak masyarakat mengalami hal tersebut, langkah pertama yang dilakukan yaitu memisahkan dengan hewan lainnya agar tak tertular.

"Apabila terjadi PMK, tim mengambil tindakan dengan datang ke lokasi mengambil sampel untuk diperiksa di laboratorium," jelas Andri

Kalau hasilnya positif akan dilakukan pendataan pada jarak dua kilometer apakah ada ternak lain. Kemudian hewan sehat diberikan vaksin, sedangkan yang sakit akan diberi pengobatan.

Jika dalam pengobatan tidak segera sembuh maka hewan ternak tersebut harus segera dilakukan pemotongan supaya tidak cepat menyebar.

Berikut pernyataan dokter hewan terkait penyakit PMK
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News