Wabah PMK Membuat Peternak di Malang Khawatir, Sapinya Diberi Ramuan Khusus

Rabu, 11 Mei 2022 – 14:05 WIB
Wabah PMK Membuat Peternak di Malang Khawatir, Sapinya Diberi Ramuan Khusus  - JPNN.com Jatim
Lokasi kandang yang sapinya mati karena tenggelam air banjir di Kota Malang pada Jumat, (18/3). Foto: Ridho Abdullah/JPNN.

jatim.jpnn.com, MALANG - Peternak sapi di Singosari, Kabupaten Malang membuat ramuan khusus mengantisipasi hewan ternaknya terserang penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sebagai peternak, Arifin mengaku khawatir atas kemunculan wabah PMK di sejumlah daerah Jawa Timur. Pasalnya, virus itu membuat harga penjualan sapi pedaging dan susu sepi.

"Sejauh ini memang sapi-sapi saya masih sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda kalau sakit," katanya, Selasa (10/5).

Arifin menyebut ketika sapinya sakit tampak kondisi fisiknya lemas.

"Kalau matanya berubah menjadi sedikit merah," ujar dia.

Selain sudah memahami ciri-ciri hewan ternak yang sakit, langkah Arifin mengantisipasi wabah PMK tak berhenti begitu saja. Dia telah menyiapkan ramuan khusus yang dikonsumsi untuk hewan ternaknya.

Yang disiapkan untuk campuran pakan ternaknya adalah vitamin. Kemudian, memilih pakan dengan hati-hati dan mengontrol kebersihan kandang.

“Selalu diawasi saja sih, Mas, mulai dari pakannya itu. Kan hewan ternak kalau sakit juga dari pakannya yang sembarangan,” tutur dia

Peternak sapi di Malang atas merebaknya wabah PMK di sejumlah daerah Jatim, ramuan khusus pun diberikan terhadap hewan ternak miliknya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News