Jelang Musim Hujan, Ditpolairud Polda Jatim Cek Kesiapan Lebih Awal

Kamis, 07 Oktober 2021 – 20:00 WIB
 Jelang Musim Hujan, Ditpolairud Polda Jatim Cek Kesiapan Lebih Awal - JPNN.com Jatim
Apel kesiapan personel Ditpolairud Polda Jatim di Surabaya, Kamis (7/10/2021) untuk mengantisipasi bencana menjelang datangnya musim hujan. (ANTARA/Didik Suhartono)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Guna mengantisipasi bencana menjelang musim hujan, Ditpolairud Polda Jatim melakukan pengecekan kesiapan personel melalui apel di Surabaya, Kamis (7/10).

"Musim hujan segera tiba. Kami mengantisipasi dengan langkah awal, yakni pengecekan kesiapan personel dan almatsus (alat material khusus)," kata Dirpolairud Polda Jatim Kombes Arnapi.

Almatsus Polri adalah peralatan yang digunakan untuk kepentingan penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Dia menerangkan pihaknya sengaja melaksanakan pengecekan lebih awal agar lebih siap ketika bencana tiba, baik dari segi personelnya maupun almatsusnya.

"Personel dari SAR siap semua. Nanti akan tetap dibantu anggota polairud lain. Lalu, perlengkapan yang vital seperti perahu karet untuk saat ini, ada 18 unit beserta mesin tempelnya," ujar dia.

Selain itu, pihaknya pun mengecek perlengkapan SAR laut, yaitu pelampung jarak jauh, alat pemotong, dan pembuka pintu yang macet bila dibutuhkan pembukaan paksa.

"Perlengkapan alat bawah laut juga sudah kami siapkan semua, termasuk mobil boks. Namun mudah-mudahan, Jatim tetap aman nyaman, tidak ada banjir banjir, sehingga nanti peralatan itu tak perlu digunakan," tutur dia.

Ditpolairud POlda Jatim melakukan deteksi dini pula terhadap potensi bencana yang ada di Bojonegoro, Gresik, Jember, dan beberapa wilayah lain.

Guna mengantisipasi bencana menjelang musim hujan, Ditpolairud Polda Jatim melakukan pengecekan kesiapan personel, Kamis (7/10)
Sumber Antara