Unair Optimis Vaksin Merah Putih Bisa Diuji Coba ke Manusia Bulan September

Selasa, 27 Juli 2021 – 21:31 WIB
Unair Optimis Vaksin Merah Putih Bisa Diuji Coba ke Manusia Bulan September - JPNN.com Jatim
Rektor Unair Prof. M Nasih. (ANTARA Jatim/Willy Irawan)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih optimistis Vaksin Merah Putih bisa masuk tahap uji klinis pada bulan September 2021.

Prof Nasih mengakui bahwa pengembangan Vaksin Merah Putih yang menggunakan metode inactiveted virus mengalami keterlambatan akibat terkendala sistem dan skema riset.

"Kami mengalami kendala mencari Monyet sebagai kelinci percobaan. Dari 40 monyet yang para peneliti kumpulkan, cuma lima yang layak uji," kata Prof Nasih, Selasa (27/7).

Prof Nasih menjelaskan para monyet yang dijadikan kelinci percobaan terlebih dulu diberikan Vaksin Merah Putih, yang dilanjutkan dengan memasukkan virus Covid-19 jenis terbaru.

Monyet yang dijadikan kelinci percobaan tersebut bakal dibiarkan berkativitas selama satu bulan dengan dipantau oleh para peneliti.

Uji vaksin Merah Putih baru dinyatakan berhasil jika mampu merespons virus yang berada dalam tubuh objek kelinci percobaan.

Prof Nasih tak memungkiri bahwa uji Vaksin Merah Putih memakan waktu sangat lama, tetapi dia optimis bisa diselesaikan pada September tahun ini.

“Insyaallah September sudah masuk uji klinis tahap satu kalai tidak ada kendala terhadap hewan,” katanya. (mcr6/antara/jpnn)

Rektor Universitas Airlangga Surabaya Prof Mohammad Nasih optimistis Vaksin Merah Putih bisa masuk tahap uji klinis pada bulan September 2021.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News