Sampai 7 Desember Nanti, Wilayah Pesisir Surabaya Berpotensi Terkena Banjir Rob

Sabtu, 04 Desember 2021 – 06:14 WIB
Sampai 7 Desember Nanti, Wilayah Pesisir Surabaya Berpotensi Terkena Banjir Rob - JPNN.com Jatim
Keterangan foto: Suasana salah satu kawasan pesisir sontoh laut Surabaya (Foto : Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - BMKG Maritim Tanjung Perak meminta warga pesisir untuk waspada terhadap air pasang laut maksimal yang diperkirakan terjadi pada 2-7 Desember 2021.

Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak, Fajar Setiawan mengatakan terjadinya air pasang laut maksimal disebabkan adanya fase bulan baru yang terjadi pada Desember.

“Kami prediksi air pasang laut ketinggiannya bisa di atas 1,3 meter dari rata-rata permukaan lautnya,” katanya, Jum’at (3/12).

Dampaknya, akan terjadi banjir rob atau genangan di daratan yang dapat mengganggu transportasi sekitar pelabuhan dan pesisir dengan ketinggian 10-20 sentimeter.

“Beberapa wilayah yang akan terkena banjir rob, pesisir Surabaya Barat dan pesisir Surabaya timur, termasuk Kenjeran dan sekitarnya. Pelabuhan Surabaya lalu di Pamekasan dan Kalianget,” ujarnya.

Banjir Rob, lanjut Fajar, diperkirakan terjadi pukul 21.00 - 24.00 dini hari.

Jika pada jam itu terjadi hujan, potensi banjir robnya makin tinggi.

Sebab, pas air sungai yang masuk ke laut, terhalang oleh pasang. Sehingga, dengan pas ada hujan dampaknya lebih tinggi tergantung curah hujan.

BMKG Tanjung Perak meminta warga pesisir untuk waspada terhadap air pasang laut maksimal
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News