Masyarakat Pesisir Surabaya Waspada di Tanggal Berikut, Ada Potensi Banjir Rob

Selasa, 29 Agustus 2023 – 09:04 WIB
Masyarakat Pesisir Surabaya Waspada di Tanggal Berikut, Ada Potensi Banjir Rob - JPNN.com Jatim
Arsip Foto - Sejumlah pengendara kendaraan bermotor melintasi banjir rob di Jalan Kalianak, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (19/5/2022). Pasang air laut yang tinggi menyebabkan jalan tersebut tergenang banjir rob dan mengakibatkan kemacetan panjang. (ANTARA/Didik Suhartono)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Tanjung Perak Surabaya merilis potensi kemunculan banjir rob mulai Selasa (29/8) hingga Jumat (1/9) dampak fase bulan purnama.

Kepala Kelompok Unit Prakirawan BMKG Maritim Tanjung Perak Ady Hermanto meminta masyarakat, khususnya yang tinggal di kawasan pesisir diimbau mewaspadai hal tersebut.

"Masyarakat agar menghindari wilayah-wilayah yang berpotensi mengalami banjir rob karena terjadi pasang maksimum disebabkan fase bulan purnama," kata Ady, Senin (28/8)

Menurutnya, terdapat beberapa daerah di Surabaya yang berpotensi terdampak banjir rob, yakni di Pelabuhan Tanjung Perak, Kremabangan, dan kawasan Surabaya Timur. Ketinggian air yang meluber ke daratan berkisar antara 10-30 centimeter.

"Banjir rob kami prediksi berlangsung dari pukul 09.00-12.00, jadi tidak berlangsung lama pada saat padatnya aktivitas masyarakat," ujarnya.

Selain sejumlah wilayah Surabaya, rob juga diprediksi muncul di sejumlah wilayah pesisir daerah lain, seperti di Pasuruan, Sidoarjo, dan Pacitan.

Selain itu, di wilayah perairan Selat Madura saat fenomena itu ketinggian air laut maksimal mencapai 1,25 meter, sedangkan di Laut Jawa berkisar dua hingga tiga meter.

Kendati demikian, fenomena pasang maksimum akibat fase bulan purnama tidak berdampak pada arus pelayaran kapal di wilayah Selat Madura dan Laut Jawa.

BMKG Tanjung Perak mengimbau masyarakat di pesisir Surabaya pada Selasa-Jumat terkait potensi terjadinya banjir rob dampak fase bulan purnama.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News