Antisipasi Banjir Rob di Pesisir Surabaya, BPBD Kerahkan Petugas Mitigasi Bencana

Senin, 19 Agustus 2024 – 18:00 WIB
Antisipasi Banjir Rob di Pesisir Surabaya, BPBD Kerahkan Petugas Mitigasi Bencana - JPNN.com Jatim
Ilustrasi banjir rob di Surabaya. Grafis: Sultan Amanda/JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Banjir rob setinggi 1,4 meter diperkirakan bakal melanda pesisir laut Surabaya Timur mulai 18-21 Agustus 2024. BPBD setempat telah melakukan mitigasi bencana terkait bencana itu.

Kepala BPBD Surabaya Agus Hebi Djuniantoro mengatakan petugas mitigasi telah dikerahkan di pesisir laut. Mereka juga sudah menginformasikan potensi banjir rob kepada masyarakat sekitar.

“Rob sudah kami antisipasi, kemarin kami kontrol di pesisir laut Surabaya Timur dan Barat. Petugas stand by di lokasi rawan sampai hari ini,” kata Hebi saat dikonfirmasi, Senin (19/8).

Selain mengerahkan petugas BPBD di lokasi rawan banjir rob, pihaknya telah menyosialisasikan kewaspadaan terhadap warga di sekitar pesisir.

“Petugas terus mengontrol ketinggian air laut sampai hari ini. Masyarakat pesisir juga sudah kami informasikan dan mereka beradaptasi,” ujar dia.

Hebi mengaku telah melakukan antisipasi apabila banjir rob terjadi. Namun, kondisi tersebut bisa berubah apabila datangnya rob disertai hujan.

“Susahnya nanti ketika rob datang bersamaan dengan hujan di Surabaya, air akan meluap hingga ke jalan raya, tetapi ini sudah kami antisipasi dengan penerapan pompa dan pendalaman air sungai,” bebernya.

Terkait perkembangan potensi banjir rob, dilaporkan Hebi, hingga kini masih terpantau aman. Menurutnya, belum ada air yang pasang membanjiri ruas jalan raya.

BPBD Surabaya mengerahkan petugas di pesisir timur untuk melakukan mitigasi bencana mengantisipasi banjir rob.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News