Kawasan Pesisir Trenggalek Diterjang Banjir Rob, Kios dan Warung Porak Poranda

Kamis, 14 Maret 2024 – 10:35 WIB
Kawasan Pesisir Trenggalek Diterjang Banjir Rob, Kios dan Warung Porak Poranda - JPNN.com Jatim
Kondisi Pantai Konang yang dipenuhi aneka sampah usai banjir rob di Pantai Konang, Trenggalek. ANTARA/HO-Pusdalops Trenggalek

jatim.jpnn.com, TRENGGALEK - Kawasan pesisir selatan Kabupaten Trenggalek dilanda banjir rob yang menyebabkan sejumlah kios dan warung di area wisata pantai tergenang.

Fenomena banjir rob yang dipicu gelombang air pasang dan angin kencang di kawasan pesisir itu terjadi sejak Selasa (12/3) pagi hingga Rabu (13/3) pagi.

Beruntung, tidak ada laporan korban jiwa, luka, atau kerusakan berat akibat kejadian itu. Namun, genangan air yang masuk daratan menyebabkan sampah berserakan dan sebagian kios porak poranda.

Staf Pusdalops BPBD Trenggalek Adi Muji Prasetyo menyebut puncak rob dilaporkan terjadi pada Rabu dini hari sekitar pukul 01:00 WIB.

"Pasang rob terjadi sejak kemarin siang dan puncaknya tadi malam. Kemudian membuat banyak malah sampah terbawa ke daratan," kata Adi.

Diinformasikan, rob melanda hampir semua kawasan pesisir daerah itu, mulai dari pesisir selatan Kecamatan Panggul, Munjungan, hingga Teluk Prigi.

Rob juga terjadi di pesisir selatan Kabupaten Pacitan yang ada di sebelah barat Trenggalek, maupun di kawasan pesisir Kabupaten Tulungagung dan Blitar.

Saat ini air laut sudah mulai surut sehingga warga sudah mulai beraktivitas, di antaranya adalah gotong royong membersihkan sampah yang terbawa ke daratan hingga membenahi warung.

Sejumlah kios dan warung di pesisir pantai Trenggalek dilaporkan porak poranda setelah diterjang banjir rob.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News