Warga Pesisir Malang Waspadai Cuaca Ekstrem Sebabkan Banjir Rob

Sabtu, 16 Maret 2024 – 21:41 WIB
Warga Pesisir Malang Waspadai Cuaca Ekstrem Sebabkan Banjir Rob - JPNN.com Jatim
Personel BPBD Kabupaten Malang melakukan monitoring kondisi cuaca dan tinggi gelombang air di salah satu pantai yang ada di wilayah selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur. ANTARA/HO-BPBD Kabupaten Malang.

jatim.jpnn.com, MALANG - BPBD Kabupaten Malang meminta warga, termasuk wisatawan untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem di wilayah pesisir pantai di kawasan Malang bagian selatan.

Kabid Darlog BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan mengatakan masyarakat diharapkan meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem.

"Untuk masyarakat termasuk wisatawan, hendaknya untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," kata Sadono.

Kemudian untuk masyarakat setempat yang tinggal di kawasan pesisir pantai di wilayah Malang selatan juga diminta untuk melakukan monitoring lingkungan secara berkala dan mandiri serta menghindari kegiatan di tengah cuaca ekstrem.

Menurutnya, dampak cuaca ekstrem di kawasan pesisir Malang bagian selatan menyebabkan peristiwa banjir rob pada Rabu (13/3). Sejumlah pantai di wilayah tersebut terdampak gelombang air yang tinggi dan mencapai daratan di kawasan pesisir.

"Saat itu, gelombang air laut naik sampai ke daratan di kawasan pesisir pantai di wilayah selatan Kabupaten Malang," katanya.

Berdasarkan catatan BPBD Kabupaten Malang, sejumlah pantai yang terdampak cuaca ekstrem antara lain Pantai Ngliyep dan Pantai Pasir Panjang di Kecamatan Donomulyo dan Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur.

"Di Pantai Balekambang, gelombang air sampai badan jalan di tempat wisata. Beberapa spot foto juga rusak terkena gelombang, dan air juga naik ke pertokoan warga," katanya.

BPBD Kabupatenn Malang mengimbau warga yang berada di kawasan pesisir pantai untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang bisa menyebabkan banjir rob.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News