Surokim: Incumbent DPR RI Mulai Arzeti, Puti, Adies, Sungkono Berpotensi Lulus DPR RI Jatim 1

Minggu, 25 Februari 2024 – 19:03 WIB
Surokim: Incumbent DPR RI Mulai Arzeti, Puti, Adies, Sungkono Berpotensi Lulus DPR RI Jatim 1 - JPNN.com Jatim
Arzeti Bilbina (PKB), Puti Guntur Soekarno Putri (PDIP) dan Sungkono (PAN) berpotensi lolos DPR RI Dapil 1 Jawa Timur. Foto: Source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Peneliti senior Lembaga Surabaya Survei Center (SSC) Surokim Abdussalam memprediksi sejumlah calon legislatif incumbent atau petahana DPR RI daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur 1 Surabaya-Sidoarjo kembali mengamankan posisinya di Senayan.

Surokim menilai Dapil 1 Jawa Timur bisa disebut dengan “dapil neraka” sebab persaingan yang begitu ketat antar calon legislatif DPR RI.

“Pertarungan di Dapil Jawa Timur I untuk kursi DPR RI memang sangat keras. Banyak tokoh politik ternama turun gunung di dapil ini maka tidak mengherankan bila disebut sebagai dapil neraka,” katanya, Minggu (25/2).

Surokim mengungkapkan prediksi itu berdasarkan real count sementara di laman resmi KPU per 25 Februari 2024 pukul 10.30 WIB yang telah mencapai 64,09 persen dengan data masuk sebanyak 8.802 dari 13.733 TPS di dapil tersebut.

Di dapil Jatim I, terdapat sepuluh kursi DPR RI yang diperebutkan. Surokim menyebut telah melakukan pemetaan proyeksi kursi berdasarkan data suara yang telah masuk dalam penghitungan riil alias real count KPU.

Suara yang masuk kemudian dianalisis dan dihitung menggunakan metode sainte lague, metode yang resmi digunakan KPU dalam mengonversi jumlah suara ke kursi di parlemen.

Surokim mencontohkan PDI Perjuangan diprediksi memiliki dua wakil dari Jawa Timur I, sementara ini partai besutan berlogo banteng bermoncong putih ini memiliki 164.900 suara.

Dua kader PDI Perjuangan yang paling potensial duduk di Senayan ialah incumbent Puti Guntur Soekarno dan Indah Kurnia.

Ini 10 nama yang berpotensi maju DPR RI Dapil 1 Jatim. Ada Arzeti hingga Adie Kadir
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News