Madura Jadi Kunci Kemenangan di Pilgub Jatim, Pengamat Beber Faktor-Faktornya

Selasa, 02 April 2024 – 11:36 WIB
Madura Jadi Kunci Kemenangan di Pilgub Jatim, Pengamat Beber Faktor-Faktornya - JPNN.com Jatim
Pengamat Politik Surokim Abdussalam. Foto: Dok pribadi

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Madura menjadi salah satu kunci kemenangan dalam Pilgub Jatim 2024 karena angka golput di wilayah tersebut tergolong kecil dan pergerakan pemilih di TPS sangat tinggi.

Pengamat Politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengatakan hal tersebut terlihat dari pelaksanaan pemilu selama ini keikutsertaan pemilih di wilayah tersebut sangat tinggi.

"Relasi kuasa madura sepertinya akan tetap menjadi kunci dan akan ada konfigurasi baru terkait distribusi serta dinamika suaranya," ujar Surokim beberapa waktu lalu. 

Dukungan pemilih di Madura, kata dia, digerakkan tokoh lokal sehingga mobilitas pemilih di kantong-kantong suara cukup tinggi. Kondisi itu harus dimanfaatkan para kandidat dengan mendekati para tokoh agar meraih dukungan di Pilgub Jatim 2024.

“Tentu banyak faktornya dan juga kompleks. Kalau disederhanakan ada faktor kultural dan struktural. Faktor kultural seperti masih kuatnya peran patron tokoh lokal yang menjadi pemegang kantong-kantong suara,” tuturnya.

Menurutnya, pengawasan di lapangan yang lemah menjadi penentu dari pergerakan pemilih. Maka dari itu, paslon harus meraih dukungan tokoh lokal yang bisa menjadi kunci pemenangan.

“Faktor struktural seperti pengawasan pemilu kada di luar kabupaten masih lemah dan tidak penting karena tidak terkait langsung dengan kepentingan tokoh lokal,” katanya.

Peranan tokoh lokal akan menentukan dukungan tiga juta pemilih di Madura. 

Pengamat Politik UTM Surokim Abdussalam membeberkan kunci kemenangan Pilgub Jatim ada di Madura.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News