Golkar Jatim Dapat Kenaikan Kursi, Pengamat Sebut Faktor Sarmuji Dewasa Berpolitik

Selasa, 05 Maret 2024 – 18:08 WIB
Golkar Jatim Dapat Kenaikan Kursi, Pengamat Sebut Faktor Sarmuji Dewasa Berpolitik - JPNN.com Jatim
Ketua DPD Partai Golkar Jatim Sarmuji. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Partai Golkar bernasib mujur dalam Pemilu 2024 karena kursi di level DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, dan DPR RI mengalami kenaikan meskipun sempat diprediksi mengalami penurunan. 

Data dari DPD Golkar Jatim menyebutkan adanya potensi kenaikan di 38 DPRD kabupaten/kota di Jatim sebanyak 215 kursi dalam Pileg 2024. Peningkatannya sebanyak 30 kursi atau hampir 17 persendibandingkan Pileg 2019 185 kursi.

Kemudian di tingkat provinsi, Golkar meraih 15 kursi untuk DPRD Jatim dari total 14 Dapil. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan Pileg 2019 13 kursi.

Selanjutnya di tingkat DPR RI, Golkar menambah dua kursi untuk. Adapun dua tambahan kursi itu dari Dapil Jatim VI (Blitar, Kediri, Tulungagung) dan Dapil Jatim IX (Tuban-Bojonegoro).

Totalnya, Golkar meraih 13 kursi DPR RI dari Jatim, naik dua kursi apabila dibandingkan Pileg 2019 lalu sebelas kursi.

Pengamat Politik Universitas Trunojoyo Surokim Abdussalam menilai ada sejumlah faktor yang membuat Golkar Jatim justru mendapatkan kursi lebih, salah satunya karena adem ayem menjelang Pemilu 2024.

“Kondisi makro Partai Golkar secara nasional adem, enggak ada konflik support koalisi pilpres penuh, Itu membuat citranya cukup positif di mata publik,” ujar Surokim, Selasa (5/3).

Menurutnya, caleg yang dimiliki Golkar untuk Pileg 2024 sangat mantang. Selain memiliki relasi kuat, juga rajin turun ke masyarakat.

Pengamat menilai kenaikan kursi yang diraih Golkar Jatim tak lepas dari kedewasaan Sarmuji dalam berpolitik.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News