Ribuan Narapidana di Jatim Salurkan Hak Suaranya pada Pemilu 2024

Rabu, 14 Februari 2024 – 12:47 WIB
Ribuan Narapidana di Jatim Salurkan Hak Suaranya pada Pemilu 2024 - JPNN.com Jatim
Narapidana menyalurkan hak suaranya untuk Pemilu 2024. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 26.021 narapidana di Jawa Timur masuk menjadi pemilih dalam Pemilu 2024.

Untuk mengoptimalkan pemenuhan hak pilih warga binaan itu, Kanwil Kemenkumham Jatim bersinergi dan berkolaborasi dengan KPPS yang bertugas di TPS sekitar 39 lapas atau rutan yang ada.

"Kami berupaya mengoptimalkan pemenuhan hak pilih dari warga binaan kami yang belum masuk DPT ditetapkan KPU," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono, Rabu (14/2).

Dia mengatakan salah satu langkah strategis yang diambil, yaitu dengan menjalin komunikasi bareng KPPS yang bertugas di TPS sekitar lapas.

Tujuannya, agar ada sebagian warga binaan yang belum masuk dalam daftar pemilih di TPS khusus lapas atau rutan, akan dapat menyalurkan hak pilihnya di TPS luar.

Ribuan Narapidana di Jatim Salurkan Hak Suaranya pada Pemilu 2024

Narapidana menyalurkan hak suaranya untuk Pemilu 2024. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

"Kami telah menyepakati mekanisme pemenuhan hak suara dengan petugas KPPS yang ada di luar area lapas atau rutan," tuturnya.

Sebanyak 26.021 narapidana di Jawa Timur masuk menjadi pemilih dalam Pemilu 2024. Mereka mencoblos di TPS sekitar lapas.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News