Dinilai Mampu ‘Memperkuat’ Ganjar, Mahfud Lebih Unggul dari 2 Cawapres Lain?

Selasa, 24 Oktober 2023 – 19:56 WIB
Dinilai Mampu ‘Memperkuat’ Ganjar, Mahfud Lebih Unggul dari 2 Cawapres Lain? - JPNN.com Jatim
Mahfud MD. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Sosok Mahfud MD mampu mempertebal kekuatan bacapres Ganjar Pranowo dalam meraup suara pemilih di Jawa Timur, khususnya wilayah Tapal Kuda dan Madura.

Hal tersebut disampaikan dan diyakini oleh pengamat sekaligus pakar komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing dalam keterangannya, Selasa (24/10).

"Saya berkata seperti itu karena beliau (Mahfud MD) dari sana asalnya," katanya mengomentari persaingan pada Pemilu 2024.

Tapal kuda merupakan wilayah subkultur bagian timur Jatim yang mencakup tujuh kabupaten, yakni Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Lumajang, Pasuruan, Situbondo, dan Probolinggo.

Seperti diketahui, bakal cawapres Mahfud MD lahir di Kabupaten Sampang, Pulau Madura.

Emrus menjelaskan figur sekaliber Mahfud merupakan tokoh intelektual di bidang hukum dan dikenal cukup religius. Sosok Mahfud dinilai bisa memikat nahdiyin di wilayah Tapal Kuda dan Madura.

"Selain itu, dia (Mahfud MD) adalah Gusdurian. Dia bisa dikatakan murid loyal Gus Dur," ujarnya.

Selain itu, Emrus menyebut citra Mahfud sebagai figur NU kultural dari Madura, yang ditopang oleh kualitas personalnya sebagai ahli hukum tata negara, bisa menjadi harapan sebagai penyuara aspirasi politik warga NU.

Emrus membeberkan kelebihan Mahfud MD dibandingkan Cak Imin selaku magnet nahdiyin. Dia singgung pula hubungan keduanya dengan Gus Dur.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News