Anies Tiru Cara Sunan Ampel Sebarkan Agama di Indonesia

Sabtu, 09 September 2023 – 22:32 WIB
Anies Tiru Cara Sunan Ampel Sebarkan Agama di Indonesia - JPNN.com Jatim
Bacapres Anies Baswedan saat mengikuti Tour de Wali Songo bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bacapres Anies Baswedan menyebut Sunan Ampel memilki catatan kepemimpinan yang baik sehingga nilai-nilai tauladan dari wali tersebut bisa diadopsi.

Hal itu diungkapkan Anies saat mengikuti Tour de Wali Songo bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang terakhir di Makam Sunan Ampel.

"Ini adalah tempat bersejarah di Surabaya. Kami berharap bisa mendapat inspirasi di sini, 19 September peristiwa di Hotel Yamato, lalu ada kegiatan menyongsong hari pahlawan," kata Anies seusai menghadiri Holaqah di Hotel Arcadia, Sabtu (9/8).

Baginya, Sunan Ampel memiliki kelengakapan. Selain ilmu juga kepemimpinan di masyarakat.

“Sunan Ampel dalam memimpin masyarakat dan menjadi bagian dari sejarawan menuliskan posisi kedudukan formal. Pada intinya, salah satu wali itu menjalankan sebagai ulama dan pemimpin,” kata Anies.

Anies Baswedan bersyukur bisa mengikuti penghujung Tour de Wali Songo di Makam Sunan Ampel karena dia bisa sekaligus pulang kampung. 

Dia mengibaratkan pola baju yang dijahit, ada yang polanya cocok dan tinggal dijahit dan ada yang tidak cocok polanya, tetapi harus dijahit. Hal itu bukan diibaratkan kepada parpol lain, tetapi pada budaya yang dibawa para wali ke Indonesia.

"Saya bilang ada banyak potongan yang belum tentu sama, tetapi harus bisa dijahit sehingga menjadi pakaian yang baik. Itulah yang terjadi ketika wali songo datang ke sini ketemu dengan budaya kebiasaan di Indonesia yang berbeda, tetapi mereka mampu menjahitnya sehingga menjadi pakaian yang indah," jelasnya.

Anies tauladani sosok Sunan Ampel yang mampu menjahit pola tak sama hingga menjadi satu kesatuan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News