Sindikat Perdagangan Ginjal Internasional di Ponorogo Terbongkar, 5 Orang Ditangkap

Rabu, 05 Juli 2023 – 22:02 WIB
Sindikat Perdagangan Ginjal Internasional di Ponorogo Terbongkar, 5 Orang Ditangkap - JPNN.com Jatim
Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Hendro Tri Prasetyo (tengah) saat menunjukkan barang bukti penangkapan sindikat perdagangan ginjal internasional. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

jatim.jpnn.com, PONOROGO - Sebanyak lima orang di Ponorogo ditangkap lantaran terlibat sindikat perdagangan ginjal internasional. Mereka ditangkap saat mengurus penerbitan dokumen perjalanan atau paspor.

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Hendro Tri Prasetyo mengatakan dari lima orang yang ditangkap dua di antaranya diduga sebagai korban yang menjual ginjalnya.

“Yang tiga lainnya punya peran masing-masing dalam sindikat, yaitu yang menyalurkan korban,” ujar Hendro saat konferensi pers di Kantor Imigrasi Ponorogo, Rabu (5/ 7).

Penangkapan lima orang itu berawal dari proses wawancara dalam rangka penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Ponorogo pada Selasa (4/7). 

Sekitar pukul 09.30 WIB, dua orang berinisial MM asal Buduran, Sidoarjo dan SH asal Tangerang Selatan diwawancarai oleh petugas imigrasi.

“Saat proses wawancara, keduanya mengaku membutuhkan paspor untuk liburan ke Malaysia,” katanya.

Namun, keduanya menunjukkan gelagat yang mencurigakan. Mereka tidak memberikan keterangan yang meyakinkan petugas.

Selain itu, mereka tidak bisa menunjukkan berkas-berkas yang diminta petugas. Sorenya sekitar pukul 15.00 WIB, keduanya kembali lagi ke Kantor Imigrasi Ponorogo dengan harapan petugas lengah.

Sebanyak lima orang ditangkap atas keterlibatan perdagangan ginjal dari sindikat internasional.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News