Joki Tes Bahasa Inggris Internasional Diringkus, Pelaku Perempuan dari Tiongkok

Rabu, 05 Juli 2023 – 21:32 WIB
Joki Tes Bahasa Inggris Internasional Diringkus, Pelaku Perempuan dari Tiongkok - JPNN.com Jatim
Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari bersama jajarannya saat menunjukkan barang bukti dari penangkapan sindikat joki tes Bahasa Inggris. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Imigrasi Surabaya meringkus seorang perempuan berinisial YW berkewarganegaraan Tiongkok pada Senin (3/7). YW terlibat sindikat joki tes Bahasa Inggris internasional yang beraksi di beberapa negara.

Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari mengatakan saat ditangkap, YW juga terbukti menggunakan paspor atau dokumen perjalanan palsu.

“YW ditangkap Tim Inteldakim Imigrasi Surabaya,” ujar Imam saat konferensi pers di Kantor Imigrasi Surabaya, Rabu (5/7).

Perempuan berusia 28 tahun itu ditangkap saat sedang mengikuti tes kemampuan Bahasa Inggris di salah satu lembaga bahasa di kawasan Surabaya.

“Ada ketidakmiripan antara foto di paspor dan wajah sehingga perwakilan lembaga bahasa itu melaporkan ke petugas dan Imigrasi Surabaya langsung menindaklanjuti dengan menangkapnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Surabaya Chicco A. Muttaqin mengatakan dari tangan YW, petugas mengamankan barang bukti berupa paspor palsu.

Paspor tersebut di dalamnya terdapat foto yang bersangkutan, tetapi dengan nama dan identitas orang lain. 

“Pengecekan dalam sistem keimigrasian juga tidak menemukan identitas perlintasan atas nama tersebut di paspor,” katanya.

Sindikat joki tes Bahasa Inggris asal Tiongkok diringkus saat melakukan tes di sebuah lembaga tes bahasa di Surabaya.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News