2 Tahun Loloskan Ratusan Calon Mahasiswa, Begini Cara Kerja Joki UTBK SBMPTN

Sabtu, 16 Juli 2022 – 12:12 WIB
2 Tahun Loloskan Ratusan Calon Mahasiswa, Begini Cara Kerja Joki UTBK SBMPTN - JPNN.com Jatim
Kapolrestabes Surabaya Kombes Akhmad Yusep Gunawan membeberkan cara kerja joki UTBK SBMPTN yang raup untung miliaran rupiah. Foto: Humas Polrestabes Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Unit Jatanras Sat Reskrim Polrestabes Surabaya menangkap delapan orang yang tergabung dalam sindikat joki UTBK SBMPTN.

Mereka ialah MJ (40), RHB (23), MSN (34), ASP (38), MBBS (29), IB (31), MSME (26), dan RF (20).

Kapolrestabes Surabaya Kombes Ahmad Yusep Gunawan membeberkan kedelapan orang tersebut saat melakukan aksinya.

Kelompok ini memiliki koordinator, yakni si MJ yang menerima titipan peserta ujian SBMPTN, baik melalui broker atau secara langsung.

“Kemudian dicatat oleh bagian admin tentang nomor ujian dan jadwal ujian, jurusan yang diambil serta universitas yang diinginkan,” ujar Yusep, Jumat (14/7).

Selanjutnya, peserta akan dijelaskan terkait penggunaan alat-alat yang sudah disiapkan joki untuk dipasangkan ke tubuh calon mahasiswa itu.

“Di saat ujian berlangsung, peserta memastikan kamera di tangannya untuk dapat memotret soal untuk di-screenshot oleh para operator,” tuturnya.

Setelah ditangkap layar, soal tersebut akan dikerjakan oleh salah satu pelaku, lalu diserahkan jawabannya dan dibacakan melalui earphone yang dipakai para peserta.

Kombes Yusep membeberkan cara kerja sindikat joki UTBK SBMPTN di Surabaya yang dilakukan oleh delapan orang. Sudah ratusan mahasiswa yang diloloskan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News