Kadin Dorong Peningkatan Perdagangan dengan Pengembangan Produk Unggulan

Kamis, 19 September 2024 – 17:07 WIB
Kadin Dorong Peningkatan Perdagangan dengan Pengembangan Produk Unggulan - JPNN.com Jatim
Kadin dorong adanya peningkatan perdagangan dengan peningkatan produk unggulan lewat Forbisda. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia menggelar Forum Bisnis Daerah (Forbisda) di Surabaya, Kamis (19/9).

Forum tersebut bertujuan meningkatkan kolaborasi dan sinergi antardaerah dalam mengembangkan produk unggulan.

Selain itu, menciptakan stabilitas harga serta ketahanan pangan melalui arus pendistribusian barang yang efektif dan efisien, khususnya di wilayah Indonesia bagian timur.

Direktur Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Moga Simatupang mengatakan kebutuhan perdagangan antardaerah perlu ditingkatkan dengan optimal.

“Forum ini diharapkan dapat memaksimalkan koordinasi antara pemerintah dengan dunia usaha agar meningkatkan perdagangan antarwilayah sesuai potensi maupun produk unggulan masing-masing,” ujar Moga.

Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan setiap wilayah di Indonesia, khususnya bagian timur memiliki potensi beragam, termasuk dalam hal komoditas maupun produk unggulan daerah.

“Sebagai induk organisasi usaha nasional, kami melihat terdapat berbagai potensi produk-produk unggulan Jawa Timur dan Indonesia Timur yang senantiasa perlu untuk ditingkatkan secara optimal,” kata dia.

Menurutnya, tantangan itu menimbulkan hambatan bagi keterbukaan perdagangan antar wilayah, antara lain kesulitan memantau perjalanan produk, penimbunan barang, ketidakpastian harga, dan distribusi yang tidak efisien.

Lewat Forbisda, Kadin dorong adanya peningkatan perdagangan dengan peningkatan produk unggulan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News