BPBD Jatim Catat Lahan Terbakar di Savana Widodaren Bromo Seluas 8 Hektare

Kamis, 20 Juni 2024 – 18:00 WIB
BPBD Jatim Catat Lahan Terbakar di Savana Widodaren Bromo Seluas 8 Hektare - JPNN.com Jatim
Kawasan wisata Gunung Bromo tepatnya di wilayah Taman Nasional Gunung Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Dusun Kandangsari, Desa Mororejo mengalami kebakaran, Kamis (20/6). Foto: Dok BPBD Jatim

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Savana Widodaren di Dusun Kandangsari, Desa Mororejo, Kabupaten Pasuruan telah padam.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jatim Satrio Nurseno menyebut kebakaran yang melanda taman nasional itu membakar lahan seluas delapan hektare.

"Update hari ini kurang lebih delapan hektare (luas lahan yang terbakar)," ujar Satrio, Kamis (20/6).

Saat ini, kata Satrio, personel BPBD Provinsi Jatim dan tim BPBD Kabupaten Pasuruan melakukan asesmen dan berkoordinasi dengan pihak terkait melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran tersebut.

"Untuk penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Savana Widodaren yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di wilayah Pasuruan dilaporkan mengalami kebakaran hutan dan lahan.

Ketua Masyarakat Peduli Api (MPA) Ngadas Sampetono mengatakan berdasarkan informasi awal, kebakaran hutan dan lahan di kawasan taman nasional itu terjadi sejak Selasa (18/6) malam.

"Sejak Selasa malam. Saat ini kondisi masih terbakar," kata Sampetono.

Savana Widodaren di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengalami kebakaran lahan seluas delapan hektare.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News