Savana Widodaren di Bromo Alami Kebakaran Hutan dan Lahan, 3 Hari Belum Padam

Kamis, 20 Juni 2024 – 15:37 WIB
Savana Widodaren di Bromo Alami Kebakaran Hutan dan Lahan, 3 Hari Belum Padam - JPNN.com Jatim
Asap mengepul dari area terdampak kebakaran hutan dan lahan di kawasan Savana Widodaren Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (20/6). (ANTARA/HO-MPA Ngadas.)

jatim.jpnn.com, PASURUAN - Savana Widodaren yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di wilayah Pasuruan dilaporkan mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Ketua Masyarakat Peduli Api (MPA) Ngadas Sampetono mengatakan berdasarkan informasi awal, kebakaran hutan dan lahan di kawasan taman nasional itu terjadi sejak Selasa (18/6) malam.

"Sejak Selasa malam. Saat ini kondisi masih terbakar," kata Sampetono, Kamis (20/6).

Dia menjelaskan kebakaran itu terjadi di area Widodaren yang mengarah ke view point Penanjakan dan masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Pasuruan. Kawasan TNBTS berada di empat wilayah.

MPA Ngadas, kata dia, telah mengirimkan sebanyak 17 personel sejak karhutla diketahui pada Selasa malam. Kemudian pada Rabu (19/6) ada sepuluh personel diterjunkan, sedangkan pada hari ini ada tujuh personel

"Untuk kemarin dari MPA Ngadas dikirimkan sepuluh orang, hari ini ada tujuh orang," ujar dia

Menurutnya, saat ini api masih dalam penanganan personel gabungan termasuk MPA Ngadas. Untuk wisata Gunung Bromo masih dibuka dan belum dilakukan penutupan akibat peristiwa kebakaran hutan dan lahan.

"Untuk wisata masih tetap dibuka. Masih belum bisa dipastikan berapa luas area terdampak," ucapnya.

Kebakaran hutan dan lahan yang melanda di Savana Widodaren terjadi sejak Selasa malam, hingga kini masih proses pemadaman.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News