Hewan Kurban yang Dipasarkan di Surabaya Dipastikan Tak Terpapar PMK & LSD

Kamis, 06 Juni 2024 – 12:32 WIB
Hewan Kurban yang Dipasarkan di Surabaya Dipastikan Tak Terpapar PMK & LSD - JPNN.com Jatim
Tim dokter hewan dari DKPP Kota Surabaya melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan ternak di lapak pedagang hewan kurban, di Jalan Ir Soekarno, Senin (3/6). ANTARA/HO-Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Kesehatan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya memastikan tidak ada hewan kurban mengalami gejala penyakit mulut dan kuku (PMK) maupun lumpy skin disease (LSD) yang dipasarkan.

Kepala DKPP Kota Surabaya Antiek Sugiharti menyatakan pemeriksaan kesehatan hewan kurban sudah dilaksanakan di kawasan MERR atau Jalan Ir Soekarno pada Senin (3/6)

"Banyak di sepanjang MERR sekitar 30-40 pedagang, hasilnya bagus," kata Antiek.

Menurutnya, puluhan pedagang hewan kurban di lokasi tersebut sudah memiliki izin membuka lapak dari Pemkot Surabaya maupun Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH) dari daerah asal yang menjadi syarat wajib pengiriman ternak.

"Ternak yang ada dilakukan pengecekan kesehatan lagi untuk memastikan keamanan," ucapnya.

Kemudian, kata dia, kepastian soal kondisi kesehatan hewan tersebut ditunjukkan dengan bukti vaksin ternak yang diperdagangkan untuk momen Hari Raya Iduladha 1445 Hijriah.

Antiek mengatakan proses pengecekan seluruh syarat melapak kepada pedagang hewan kurban di Surabaya juga dilaksanakan di wilayah lain.

"Nanti pengecekan lapak dilaksanakan bergiliran dari satu tempat ke tempat lainnya. Awal pekan depan kami bersama 120 tim dokter hewan turun," ucapnya.

Hewan kurbanyang dipasarkan di Surabaya dipastikan tak terpapar penyakit PMK dan LSD.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News