DKPP Surabaya Sidak Lapak Hewan Kurban, Pastikan Kantongi SKKH Jelang Iduladha

Selasa, 04 Juni 2024 – 21:00 WIB
DKPP Surabaya Sidak Lapak Hewan Kurban, Pastikan Kantongi SKKH Jelang Iduladha - JPNN.com Jatim
DKPP Surabaya periksa kesehatan hewan kurban. Foto: Diskominfo Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Surabaya menerjunkan ratusan dokter untuk memastikan kesehatan hewan kurban layak disembelih menjelang Hari Raya Iduladha.

Pihaknya juga rutin menggelar sidak di lapak-lapak pedagang hewan kurban, salah satunya di Jalan Ir. H. Soekarno, Selasa (4/1).

Kepala DKPP Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan banyak permohonan terkait dengan izin pengajuan atau rekomendasi hewan ternak yang didatangkan dari luar daerah untuk dijual di Kota Pahlawan selama satu pekan.

“Ada 120 dokter hewan terdiri dari DKPP, Unair, UWK, dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Kota Surabaya,” ujar Antiek.

Menurutnya, pengecekan hewan kurban yang dijual para pedagang harus dalam keadaan sehat. Setidaknya mendapatkan satu kali vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK).

“Setelah dicek, kami akan memberikan surat keterangan terkait hewan yang ada di sini dalam keadaan sehat serta kondisinya sudah diperiksa,” kata dia.

Dia mengatakan pedagang hewan kurban sudah memenuhi ketentuan dan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Kalau ada penjual yang tidak memiliki SKKH, kami akan memberikan edukasi terkait proses pengajuan hewan ternak. Apabila tidak melakukan proses pengajuan maka dilarang membuka lapaknya di Kota Surabaya,” tuturnya.

Pemkot Surabaya terjunkan ratusan dokter untuk periksa kesehatan daging hewan kurban yang akan digunakan untuk Hari Raya Idul Adha
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia