Dinas Peternakan Jatim Catat 434.843 Ekor Sapi Dikurbankan pada Iduladha 2024

Senin, 17 Juni 2024 – 18:12 WIB
Dinas Peternakan Jatim Catat 434.843 Ekor Sapi Dikurbankan pada Iduladha 2024 - JPNN.com Jatim
Masyarakat menyaksikan hewan kurban usai shalat Idul Adha di Masjid Al Akbar Surabaya, Senin (17/6). ANTARA/Hanif Nashrullah

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 434.843 ekor sapi dikurbankan oleh masyarakat Jawa Timur. Data itu tercatat di Dinas Peternakan Jatim.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono mengatakan jumlah kurban sapi masyarakat pada tahun ini meningkat 24 persen.

"Perbandingannya, pada Iduladha tahun lalu jumlah hewan sapi yang dikurbankan masyarakat sebanyak 349.721 ekor," kata Adhy seusai salat Iduladha di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Senin (17/6).

Menurutnya, peningkatan jumlah hewan kurban sapi oleh masyarakat pada Idul Adha tahun ini menunjukkan kondisi ekonomi di Jatim cukup membaik.

"Peningkatan kondisi ekonomi masyarakat Jatim dibarengi dengan tingkat ketakwaan atau kesalehan umat Islam yg menunaikan ibadah haji," ujar dia.

Untuk jenis sapi, hewan kurban Presiden Jokowi merupakan yang terbesar dan terberat di Jatim, yaitu 1,01 ton.

Sapi peranakan Ongole yang dibeli Jokowi dari peternak asal Desa Takerharjo, Kecamatan Solokuro, Kabupaten Lamongan itu sedikit lebih besar dari hewan kurban Gubernur Jatim periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa.

Sapi kurban Khofifah merupakan hasil kawin silang jenis limosin dan angus yang dibeli dari peternak asal Desa Katol Timur, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Madura, berbobot satu ton.

Dinas Peternakan Jawa Timur mencatat masyarakat Jatim berkurban 434.843 ekor sapi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News