RPH Surabaya Klaim Penjualan Hewan Kurban Meningkat di 2024

Senin, 17 Juni 2024 – 19:37 WIB
RPH Surabaya Klaim Penjualan Hewan Kurban Meningkat di 2024 - JPNN.com Jatim
Empat petugas RPH Kota Surabaya melaksanakan penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah atau tahun 2024, Senin (17/6/2024). ANTARA/Didik Suhartono

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Surabaya mencatat penjualan sapi di Hari Raya Iduladha 2024 mengalami peningkatan dibandingkan momen yang sama di 2023.

"Sebagian besar sapi dibeli organisasi perangkat daerah (OPD) dan Pak Wali Kota, penjualan tahun lalu 70 ekor dan kali ini naik menjadi sekitar 115 ekor," kata Direktur Utama RPH Fajar Arifianto Isnugroho di Surabaya, Senin (17/6).

Ratusan sapi yang terjual itu sekitar 43 ekor yang di antaranya milik Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dengan berat antara 750 kilogram hingga satu ton.

Kemudian, kata dia, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan selama tiga hari, yakni Senin, Selasa (18/6), dan Rabu (19/6). Per harinya RPH sanggup melaksanakan pemotongan hingga 65 ekor hewan kurban.

Fajar menyebut untuk penyembelihan tahun ini memang mengalami penurunan ketimbang Idul Adha 2023, yakni dari 130 kali menjadi 120 kali selama tiga hari.

Kondisi tersebut dipengaruhi oleh meredanya munculnya penyakit mulut dan kuku (PMK) maupun lumpy skin disease (LSD).

"Tahun lalu banyak yang menyerahkan pemotongan ke RPH karena banyak isu penyakit. Untuk biaya jasa potong, kemas, kirim tetap sama di harga Rp 2,5 juta," ujarnya.

Pihaknya tetap menerapkan protokol ketat pada kegiatan penyembelihan hewan kurban agar menjamin kualitas dan kehalalan daging.

RPH Surabaya menyebut penjualan hewan kurban sapi meningkat pada Iduladha 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News