Labfor Beberkan Penyebab Gudang Penyimpanan di Markas Gegana Polda Jatim Meledak

Selasa, 05 Maret 2024 – 08:44 WIB
Labfor Beberkan Penyebab Gudang Penyimpanan di Markas Gegana Polda Jatim Meledak  - JPNN.com Jatim
Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Pol Shodiq Pratomo saat konferensi pers mendapingi Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto di Markas Gegana Polda Jatim. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim melakukan serangkaian penyelidikan terkait penyebab gudang penyimpanan bahan peledak di markas gegana polda setempat, Senin (4/3).

Kabid Labfor Polda Jatim Kombes Shodiq Pratomo mengungkapkan pihaknya menemukan barang bukti kimia, yakni florad dan belerang atau sulfur.

“Setelah dicek, ternyata positif oksidator. Dari bahan-bahan tersebut seperti disampaikan oleh Bapak Kapolda itu merupakan indikasi bahan dari flash powder atau yang sering ditemukan sebagai bahan-bahan untuk mercon bahan bondet dan yang lain itu,” kata Shodiq,

Dia mengungkapkan bahan-bahan untuk pembuatan mercon, seperti bondet tersebut dikategorikan sebagai low explosive yang artinya sangat riskan atau sensitif terhadap gerakan dan tekanan panas.

Kemudian di tengah kondisi hujan, terjadilah reaksi kimia antara lembab dan panas sehingga mengakibatkan ledakan tepat pukul 10.05 WIB.

“Sekarang lagi hujan karena barang itu baru masuk kemudian lembab terjadi reaksi kimia di antara mereka dengan kena panas pada suhu sekitar jam 10-an itu secara empiris bisa meledak dengan sendirinya,” ujarnya.

Shodiq belum bisa memastikan besaran diameter ledakan yang terjadi sebab pihaknya belum melakukan pengukuran.

“Diameternya masih kami ukur karena memang terjadi hujan kemudian di bawahnya basah belum tahu dan belum bisa masuk nanti kami akan sampaikan berikutnya,” tuturnya.

Berikut hasil analisis Labfor, ledakan gudang penyimpangan bahan peledak di Markas Gegana Polda Jatim kemarin
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News