Terungkap Ini Penyebab Ledakan yang Terjadi di Markas Gegana Polda Jatim

Senin, 04 Maret 2024 – 19:50 WIB
Terungkap Ini Penyebab Ledakan yang Terjadi di Markas Gegana Polda Jatim - JPNN.com Jatim
Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto saat konferensi pers di Markas Gegana Polda Jatim. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ledakan di Markas Gegana Polda Jatim, Jalan Gresik Nomor 39 Surabaya, Senin (4/3), ternyata terjadi di gudang penyimpanan bahan peledak.

Kapolda Jawa Timur Irjem Imam Suginto menjelaskan di dalam gudang tersebut tersimpan bahan peledak hasil sitaan dan temuan petugas di lapangan.

Bahan peledak itu juga rencanya bakal didisposal menggunakan black powder dan potasium flotat yang juga tersimpan di dalam gudang tersebut.

Namun, rencana disposal itu batal terlaksana lantaran terjadi ledakan terlebih dahulu. Pemicunya, diduga karena paparan sinar matahari yang cukup panas.

“Karena paparan sinar matahari yang cukup panas sehingga bahan tersebut, analisus sementara bisa membuat efek ledakan, pemicunya panas,” kata Imam saat konferensi pers di Markas Gegana Polda Jatim.

Akibat peristiwa ini, kantor Kecamatan Krembangan, Kantor Kodim Surabaya Utara, termasuk markas detasemen mengalami pecah kaca karena efek getaran yang sangat kuat.

Nantinya, bagi bangunan yang terdampak juga akan dilakukan perbaikan kembali. Termasuk jika ada rumah warga yang terkena dampak ledakan.

“Kami koordinasikan dengan pemilik, termasuk masyarakat sedang kami datakan kalau ada rumah yang terdampak akan kami komunikasikan dan kami perbaiki kembali,” ucap Imam. (mcr23/jpnn)

Kapolda Jawa Timur beberkan penyebab ledakan di Markas Gegana Polda Jatimhari ini.

Redaktur : Fahmi Azis
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News