Gegana Polda Jatim Musnahkan Bom Zaman Perang Dunia Temuan Warga di Malang

Senin, 15 Juli 2024 – 17:41 WIB
Gegana Polda Jatim Musnahkan Bom Zaman Perang Dunia Temuan Warga di Malang - JPNN.com Jatim
Polisi bersiap meledakkan bom pesawat aktif di Dusun Busu, Desa Slampangrejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Senin (15/7). ANTARA/HO-Polres Malang

jatim.jpnn.com, MALANG - Tim Penjinak Bom Gegana Satuan Brimob Polda Jatim mendisposal bom jenis aircraft aktif peninggalan zaman perang di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Kasi Humas Polres Malang Ipda Dicka Ermantara mengatakan pihaknya melakukan pengamanan selama proses pemusnahan dengan tujuan memastikan warga berada dalam radius aman saat pelaksanaan disposal.

"Kami melakukan pengamanan proses disposal terkait penemuan bom sisa perang di Kecamatan Jabung. Pemusnahan dilakukan oleh tim Gegana Satbrimob Polda Jatim,” kata Dicka.

Bom tersebut ditemukan seorang warga Desa Pakis Kembar bernama Slamet Munajat (43) di aliran Sungai Dusun Krajan, Desa Jabung pada Minggu (14/7).

Menurutnya, pemusnahan bom yang dilakukan dengan cara disposal itu dilakukan di lahan kosong Dusun Busu, Desa Slamparejo, Kecamatan Jabung, sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebelum pemusnahan juga dilakukan sterilisasi dan imbauan kepada warga sekitar agar menjauh dari radius berbahaya. 

"Supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kami melakukan disposal atau pencerai beraian terhadap bom tersebut," ujarnya.

Dia menjelaskan bom dengan angka tahun 1918 itu memiliki panjang 90 sentimeter dengan diameter 18 sentimeter dan berat 45 kilogram. Benda berbahaya itu ditemukan saat Slamet sedang menyusuri aliran Sungai Dusun Krajan untuk mencari besi bekas.

Tim Penjinak Bom Gegana Polda Jatim memusnahkan bom aktif zaman perang dunia temuan warga di Malang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News