Napiter dari Rutan Cikeas Bogor Dilimpahkan ke 7 Lapas Jatim, Surabaya Terbanyak

Kamis, 07 Desember 2023 – 12:45 WIB
Napiter dari Rutan Cikeas Bogor Dilimpahkan ke 7 Lapas Jatim, Surabaya Terbanyak - JPNN.com Jatim
Petugas saat menggiring salah satu napiter dari Rutan Cikeas Bogor yang akan dikirimkan ke Lapas di Jatim. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebanyak 23 narapidana kasus terorisme atau napiter dari Rutan Cikeas Bogor dipindahkan secara berseri ke tujuh lapas berbeda di Jawa Timur.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono mengatakan pengiriman napiter tersebut dilakukan sejak Selasa hingga Rabu 6-7 Desember 2023.

Pemindahan tersebut merupakan program dari Ditjen Pemasyarakatan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Densus 88 Antiteror. Tujuan utamanya untuk membina napiter lebih lanjut dan terukur.

"Seluruhnya masuk klasifikasi hijau. Artinya, tingkat ekstrimismenya sudah dapat ditekan. Untuk itu diperlukan pembinaan lebih lanjut di lapas agar lebih optimal lagi proses pembinaannya," kata Heni, Kamis (7/12).

Napiter dari Rutan Cikeas Bogor Dilimpahkan ke 7 Lapas Jatim, Surabaya Terbanyak

Sejumlah napiter dari Rutan Cikeas Bogor yang dipindahkan ke tujuh lapas di Jatim. Foto: Humas Kemenkumham Jatim.

Walakin, pihaknya tetap akan melakukan pemantauan, termasuk memastikan para napiter tersebut benar-benar kembali ke pangkuan ibu pertiwi.

"Kalau perlu akan kami agendakan untuk ikrar dan janji setia kepada NKRI sehingga makin mantap," ujarnya.

Lapas Surabaya di Porong menerima pelimpahan terbanyak napiter dari Rutan Cikeas Bogor, yakni sembilan orang.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News