Hari Santri 2023: Yenny Wahid Serukan Solidaritas untuk Palestina

Minggu, 22 Oktober 2023 – 15:47 WIB
Hari Santri 2023: Yenny Wahid Serukan Solidaritas untuk Palestina - JPNN.com Jatim
Putri Presiden Ke-4 Republik Indonesia K.H. Abdurrahman Wahid, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid usai peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (22/10/2023). ANTARA/Willi Irawan

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Putri Presiden Ke-4 RI K.H Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Yenny Wahid menyerukan solidaritas untuk masyarakat Gaza, Palestina, saat peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Minggu (22/10).

"Dalam rangka Hari Santri Nasional, saya ingin menyatakan solidaritas saya terhadap apa yang terjadi di Gaza, Palestina, saat ini," kataya.

Dia mengatakan ada 2 juta penduduk Palestina yang terancam terkepung serta tidak punya akses air bersih, akses listrik, dan obat-obatan.

"Di sana, kondisinya sangat memprihatinkan. Melalui peringatan Hari Santri, saya ingin mengetuk untuk terus mengirimkan doa dan dukungan moral kepada para penduduk Gaza yang saat ini dalam posisi terjepit," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Urusan Agama dan Wakaf Palestina mengeklaim setidaknya ada 26 masjid di Jalur Gaza yang hancur akibat diserang Israel sejak 7 Oktober 2023.

Kementerian itu mendesak organisasi-organisasi Islam dan internasional agar segera campur tangan menghentikan agresi di Gaza.

Mereka juga meminta pertanggungjawaban Israel atas kejahatan mereka terhadap warga sipil, mesjid dan gereja.

Sedikitnya 4.385 warga Palestina, termasuk 1.756 anak, tewas akibat serangan Israel ke Gaza sejak 7 Oktober lalu. (faz/jpnn)

Dalam momentum Hari Santri 2023, Yenny Wahid mengutarakan setidaknya ada 2 juga warga Palestina yang kesulitan air bersih, akses listrik, dan obat-obatan.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News