Indonesia Bakal Ikut Drop Bantuan ke Gaza Via Udara

Jumat, 08 Maret 2024 – 14:02 WIB
Indonesia Bakal Ikut Drop Bantuan ke Gaza Via Udara - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Fadjar Prasetyo (kanan) meninjau alutsista TNI di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, Jumat (8/3/2024). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden RI)

jatim.jpnn.com, MAGETAN - Pemerintah Indonesia bakal melakukan penyaluran bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaja melalui jalur udara.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Jokowi setelah meninjau proses simulasi penyaluran bantuan kemanusiaan via udara di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Magetan, Jumat (8/3).

"Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit," ujarnya.

Presiden Jokowi mengatakan bantuan tersebut bakal didistribusikan menggunakan pesawat Hercules.

Dalam simulasi itu, sejumlah pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

"Tadi kami coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kami bawa bantuan ke Gaza dan didrop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah disimulasi dan saya melihat hasilnya baik," katanya.

Jokowi menyatakan komitmen Indonesia untuk terus mendukung rakyat Palestina. Dengan bantuan itu, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

Pada Desember 2023, Pemerintah Indonesia berjanji akan menambah jumlah kontribusi kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) hingga tiga kali lipat lebih banyak di tahun ini.

Setelah sejumlah negara lain mengirimkan bantuan via udara ke Gaza, Indonesia akan melakukan hal serupa dalam waktu dekat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News