Pengamat Beberkan Peran Strategis Indonesia dalam Konflik Israel-Palestina, Simak!

Rabu, 18 Oktober 2023 – 18:05 WIB
Pengamat Beberkan Peran Strategis Indonesia dalam Konflik Israel-Palestina, Simak! - JPNN.com Jatim
Pengamat Hubungan Internasional Universitas Brawijaya Arief Setiawan. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

jatim.jpnn.com, MALANG - Indonesia memiliki peran penting membawa konflik Israel-Palestina untuk dibahas pada Dewan HAM PBB.

Hal tersebut disampaikan oleh pengamat Hubungan Internasional Universitas Brawijaya (UB) Arief Setiawan, Selasa (17/10).

Dia menjelaskan Indonesia yang kembali terpilih menjadi anggota Dewan HAM PBB, diharapkan bisa lebih aktif mengusulkan isu konflik Israel-Palestina untuk dibahas di dewan tersebut.

"Harus lebih aktif. Terlepas hasilnya nanti dilakukan veto atau tidak, itu urusan lain," katanya.

Arief menjelaskan Indonesia memang tidak bisa menyerukan secara langsung kepada Israel untuk menghentikan serangan ke Palestina sebab kita tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel.

Namun, Indonesia memiliki peran pada Dewan HAM PBB tersebut.

Selain itu, Arie mengusulkan Indonesia perlu mendorong negara-negara anggota ASEAN untuk melakukan embargo perdagangan terhadap Israel.

Sikap itu harus ditunjukkan oleh Indonesia dengan merangkul negara anggota ASEAN. Selain itu, langkah embargo tersebut juga diharapkan dilakukan oleh negara-negara regional atau kawasan terhadap Israel.

Menurut pengamat HI UB Arief Setiawan, Indonesia harus punya kemauan secara politis dalam konflik Israel-Palestina.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News